Thursday

Jawaban Latihan Soal



Kunci Jawaban Soal
1.      Perkembangan konsep reaksi reduksi oksidasi dimulai dari konsep 1 yaitu pengikatan dan pelepasan oksigen. Pada konsep 1 pengertian reduksi yaitu reaksi pelepasan oksigen sedangkan oksidasi yaitu reaksi pengikatan oksigen. Namun ternyata terdapat reaksi yang tidak melibatkan oksigen sehingga terdapat konsep ke dua yaitu pengikatan dan pelepasan elektron. Pada konsep kedua ini, reaksi reduksi yaitu reaksi pengikatan elektron dan reaksi oksidasi yaitu reaksi pelepasan elektron. Namun ternyata terdapat reaksi yang tidak melibatkan oksigen maupun pengikatan dan pelepasan elektron sehingga konsep reduksi oksidasi pun berkembang menjadi konsep ketiga yaitu kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi. Pada konsep ketiga ini reaksi reduksi yaitu reaksi yang mengalami penurunan bilangan oksidasi sedangkan oksidasi yaitu reaksi yang mengalami kenaikan bilangan oksidasi.
2.      a. Reaksi oksidasi, konsep yang menjadi tinjauan yaitu konsep pertama (pelepasan dan pengikatan oksigen) karena pada reaksi tersebut Si mengikat 2 atom O.
b.  Reaksi reduksi, konsep yang menjadi tinjauan yaitu konsep pertama (pelepasan dan pengikatan oksigen) karena pada reaksi tersebut terjadi pelepasan oksigen pada senyawa Ag2O melepas 2 atom O.
3.      a. Reaksi reduksi, konsep yang menjadi tinjauan yaitu konsep kedua (pengikatan dan pelepasan elektron) karena pada reaksi tersebut Zn2+  mengikat 2e-.
b. Reaksi oksidasi, konsep yang menjadi tinjauan yaitu konsep kedua (pengikatan dan pelepasan elektron) karena pada reaksi tersebut Fe2+ melepas 1 e-.













 

0 comments:

Post a Comment