Thursday

KIMIA-ISLAMI: Zat Pemutih



عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّا صٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ النَّبِيِّ  ص.م. أِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ ا لطَّيِّبِ نَظِيْفٌ يُحِبُّ 
النَّظَا فَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُوْدَ فَنَظِّفُوْاأَفْنِيَتَكُمْ (رواه الترمذي)
Artinya: Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqas dari bapaknya, dari Rasulullah SAW.: Sesungguhnya Allah SWT itu suci menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha bersih menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu” (HR. Tirmidzi)
Menjaga kebersihan sangat penting dalam pandangan Islam. Salah satu upaya menjaga kebersihan dapat dilihat dari adanya pemutih pakaian. Untuk membersihkan pakaian putih tidak cukup menggunakan detergen namun juga dibutuhkan zat pemutih. 
Apa jenis zat pemutih yang terkandung di pemutih pakaian?
Perhatikan gambar pemutih pakaian berikut:


Gambar 13. Larutan pemutih pakaian


Jenis zat pemutih yang banyak digunakan adalah Natrium hipoklorit (NaOCl). Noda pada kain akan hilang setelah direndam dengan NaOCl. Proses penggunaan zat pemutih untuk membersihkan pakaian menggunakan reaksi reduksi oksidasi. 
Taukah kalian mengapa pada saat penggunaan zat pemutih pakaian harus di larutkan dalam air terlebih dahulu?

Dengan menambah air dalam larutan natrium hipoklorit maka akan terbentuk asam hipoklorit (HOCl).

NaOCl +  H2O  → HOCl + NaOH                 (12)

Reaksi 12.Natrium hipoklorit dengan air

Asam hipoklorit (HOCl) adalah zat pengoksidasi sangat kuat dan dapat bereaksi dengan menghancurkan banyak jenis molekul termasuk pewarna. Asam hipoklorit  juga  terionisasi dan menghasilkan oksigen.

HOCl  → ClO- + H+                       (13)

Reaksi 13. Ionisasi HOCl

2ClO-    → 2Cl- + O­­2                       (14)

Reaksi  14. Reaksi penguraian ClO-
HOCl maupun ion ClO- menyerang ikatan kimia dalam di dalam senyawa berwarna dengan cara menghancurkan kromofor (bagian dari molekul yang memberikan warna)  atau mengubah ikatan rangkap kromofor menjadi ikatan tunggal sehingga mencegah molekul menyerap cahaya tampak. Serangkaian reaksi tersebutlah yang menyebabkan NaOCl dapat memutihkan pakaian. 
Oksidasi pemutih pakaian adalah salah satu bukti bahwa sunnatullah dengan keteraturannya dapat kita pelajari. Manfaatnya dapat kita rasakan sebagai umat muslim dalam menjaga kebersihan dan sudah selayaknya kita selalu bersyukur kepada Allah karena semua keteraturan yang terjadi di alam semesta adalah atas kehendak Allah SWT.      

Klik dibawah ini untuk lanjut langkah ke 10

http://funchemistry11.blogspot.co.id/2017/02/praktikum-lengkapilah-sesuai-dengan.html

 

0 comments:

Post a Comment